Rahasia Membuat Donat Empuk dan Mengembang Sempurna

Rahasia Membuat Donat Empuk dan Mengembang Sempurna

Donat adalah camilan lezat yang kondang di bermacam penjuru dunia, juga Indonesia. Bentuknya bulat dan empuk, dan juga umumnya disajikan bersama aneka topping yang lezat.
Kalau kamu suka makan donat, sebaiknya kamu mempelajari cara membawa dampak donat sehingga sanggup berkreasi sendiri di rumah. Apalagi, cara membawa dampak donat empuk dan mengembang sempurna ternyata mudah, asalkan dilakukan bersama telaten.

Tak harus resah misalnya kamu belum membawa peralatan membawa dampak kue yang canggih. Karena cara manual juga sanggup membuahkan donat yang empuk dan lezat. Yuk, intip rahasia membawa dampak donat empuk dan mengembang sempurna cara membuat donat .

1. Pakai Bahan Dasar bersama Takaran Tepat

Kunci dari donat yang matang dan mengembang sempurna yakni pada bahan-bahannya. Pastikan kamu memakai bahan basic tersebut ini bersama kandungan yang tepat:

Tepung terigu protein tengah menjadi bahan basic yang mutlak untuk membuahkan tekstur donat yang empuk. Karena donat yang terbuat dari tepung terigu protein tengah akan mengembang sempurna sehingga tampilannya lebih menarik.
Ragi instan sanggup dipakai bersama menaburkannya pada adonan donat sebelum diuleni hingga kalis. Usahakan untuk memakai ragi instan kemasan kecil sehingga langsung habis setelah digunakan. Memakai ragi yang telah disimpan lama sanggup membawa dampak adonan donat gagal mengembang sempurna.
Penggunaan margarin atau mentega di dalam adonan donat akan membawa dampak tekstur donat menjadi lebih lembut.Mentega miliki rasa dan aroma yang lebih istimewa dari margarin. Selain itu, kandungan mentega atau margarin yang tepat akan membawa dampak donat bertekstur empuk.
Telur miliki manfaat sebagai pengikat, pengembang dan penambah rasa pada donat. Semakin banyak telur yang kamu memakai akan membawa dampak adonan donat makin lunak.
Agar cita rasa donat pas, sebaiknya pemanfaatan gula dibatasi sesuai bersama kandungan resep. Gula halus lebih gampang tercampur rata bersama adonan donat daripada gula pasir yang butirannya lebih kasar.
Susu cair akan membawa dampak adonan donat merasa gurih dan teksturnya menjadi lembut. Bila kamu tidak miliki persediaan susu cair untuk membawa dampak donat, sanggup diganti bersama air matang.
Bread improver sanggup membawa dampak donat mengembang maksimal, merasa empuk, dan tidak mengeras selagi telah dingin.
2. Menambahkan Umbi-umbian

Masyarakat Indonesia gemar memberi tambahan umbi-umbian layaknya kentang, ubi, atau labu di dalam adonan donat sehingga cita rasanya lebih istimewa. Kebiasaan ini juga menjadi tidak benar satu cara membawa dampak donat empuk dan mengembang sempurna. Sebab umbi miliki tekstur yang lembut sehingga sanggup mempengaruhi tekstur donat.

Namun, pastikan perbandingan kandungan tepung terigu dan umbi tepat sehingga tidak membuahkan donat yang terlalu lembek. Idealnya, perbandingan tepung dan umbi berkisar di angka 1: ½.

Baca juga:
Juara MotoGP Amerika, Marquez Penuhi Janji Makan Donat
3. Uleni bersama Benar

Cara menguleni adonan donat sanggup dilakukan memakai tangan atau mixer. Apabila kamu membawa dampak donat secara manual pastikan uleni bersama benar memakai gerakan tangan layaknya orang tengah membersihkan baju.

Sedangkan misalnya kamu memakai mixer, atur kecepatan pada posisi sedang. Kamu sanggup menyudahi sistem menguleni misalnya adonan donat telah kalis bersama tekstur elastis dan tidak menempel di tangan.

4. Menentukan Durasi Fermentasi Terbaik

Masih banyak orang belum menyadari kecuali cara membawa dampak donat empuk dan mengembang sempurna juga terkait pada sistem fermentasi. Proses ini umumnya memakan selagi 15 hingga 30 menit.

Dalam kurun selagi tersebut, istirahatkan adonan donat pada wadah yang ditutupi plastik atau kain lembap yang bersih. Setelah sistem fermentasi selesai, kamu harus mengempiskan adonan yang telah mengembang sambil membentuknya bersama ketebalan dan ukuran sesuai selera.

Kamu juga sanggup memakai cetakan donat sehingga wujud adonan lebih rapi, menarik, dan ukurannya seragam. Setelah mencetak atau membentuk adonan, langsung istirahatkan lagi adonan tersebut selama tidak cukup lebih 10 menit sebelum menggorengnya (proses proofing).

Baca juga:
Bocah 3 Tahun Ini Sudah Jago Buat Kue dan Viral di TikTok
5. Menggoreng Donat bersama Minyak Baru

Kamu harus selalu memakai minyak baru untuk menggoreng donat. Karena minyak baru membawa warna yang jernih dan aroma murni. Adonan donat terlalu rentan menyerap aroma dan warna selama sistem menggoreng berlangsung. Jadi, jangan hingga aroma dan rasa donat buatanmu menjadi tidak cukup enak cuma gara-gara kamu memakai minyak bekas menggoreng makanan lain.

6. Memakai Minyak Goreng di dalam Jumlah Banyak

Donat adalah tidak benar satu model kue yang harus digoreng bersama tehnik deep fried. Artinya, kamu harus memakai minyak di dalam kuantitas banyak sehingga semua anggota donat terendam kala digoreng.

Jadi, cara membawa dampak donat empuk dan mengembang sempurna juga terkait dari kuantitas minyak yang kamu gunakan. Minyak goreng di dalam kuantitas banyak akan membawa dampak donat mengembang sempurna.

Sebaliknya, pemanfaatan minyak goreng yang terlalu sedikit membawa dampak donat malah gagal mengembang selagi digoreng. Bila memungkinkan, kamu sanggup memakai minyak goreng padat (deep frying fat) yang membawa dampak donat tidak menyerap minyak berlebihan setelah matang.

7. Menggoreng Donat bersama Jumlah Secukupnya

Sebaiknya kamu tidak menggoreng donat terlalu banyak. Semakin kecil ukuran wajan yang kamu gunakan, maka makin sedikit pula kuantitas donat yang sanggup digoreng bersamaan.

Baca juga:
5 Ciri Croissant yang Bagus, Penampangnya Membentuk ‘Sarang Tawon’
Jumlah donat yang terlalu banyak sanggup membawa dampak temperatur minyak alami penurunan drastis. Akibatnya, donat menjadi susah matang dan tidak mengembang sempurna. Selain itu, kamu juga akan ada problem membalik donat yang telah merasa matang kecuali kuantitas donat di wajan terlalu banyak.

Nah itulah tadi cara membawa dampak donat empuk dan mengembang sempurna. Mudah bukan? Jadi kamu sanggup langsung mencoba membuatnya sendiri di rumah cuma bersama mengandalkan bahan-bahan yang telah ada di dapur.

Leave a Comment